Menu
0878 0437 3507

Jln.Setia Budi Pamulang

Perhatikan Tips Memilih Rumah Kontrakan Ini Sebelum Anda Menempatinya

Thursday, April 5th 2018.

Mempunyai rumah yang aman dan nyaman sebagai tempat tinggal keluarga merupakan impian setiap orang. Namun, jika dana belum mencukupi untuk membeli rumah pribadi, maka pilihan alternatif paling tepat adalah mencari rumah kontrakan.

 

Namun, ternyata memilih rumah kontrakan tidaklah semudah yang dibayangkan, beberapa faktor tentu menjadi pertimbangan agar Anda mendapatkan rumah sewa yang nyaman untuk keluarga Anda. Dilansir laman Viva News, terdapat beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memilih rumah kontrakan.

 

Survei kecil-kecilan

 

Saat memilih rumah sewa, sebaiknya Anda bertanya kepada orang-orang yang ada di sekitar Anda atau bertanya kepada orang yang tinggal di sekitar kontrakan tersebut. Beberapa hal yang perlu Anda tanyakan adalah mengenai kondisi lingkungan di sekitar rumah sewa tersebut, serta mencari tahu kepada pemilik rumah mengenai sistem penyewaan rumah tersebut. apakah dibayarkan setiap bulannya atau per tahun. Lalu apakah diharuskan untuk membayar uang jaminan atau tidak, serta fasilitas apa saja yang sudah Anda dapatkan di dalam rumah sewa tersebut.

 

Lokasi

 

Hal paling penting yang perlu Anda pertimbangkan lainnya adalah lokasi rumah sewa Anda. Perhatikan jarak antara rumah dengan kantor, sekolah, rumah sakit hingga akses transportasi umum ke rumah sewa Anda. Jika Anda merupakan pekerja, sebaiknya cari rumah sewa yang dekat dengan tempat kerja Anda sehingga dapat menghemat ongkos.

 

Gunakan agen penyewaan rumah

 

Jika Anda sibuk dengan pekerjaan Anda sehingga tidak dapat melihat secara langsung rumah sewa yang akan Anda tempati, Anda dapat menggunakan agen penyewaan rumah yang dapat membantu Anda dalam memberikan informasi lokasi, harga, fasilitas, bentuk bangunan, lingkungan, serta proses pembayaran rumah sewa tersebut.

 

Jangan lupa meninggalkan berkas Anda

 

Jika memang Anda ingin menggunakan agen penyewaan rumah, maka siapkan dokumen pribadi Anda yang diperlukan untuk dapat meyakinkan penyewa rumah, seperti nomor telepon, foto kopi KTP, dan lain-lain.

 

Cari informasi sebanyak mungkin

 

Setelah Anda menemukan rumah sewa yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan, selanjutnya Anda jangan pernah melupakan untuk memastikan keamanan rumah tersebut. Selain itu, pastikan lingkungan sekitar rumah sewa juga aman. Jika rumah sewa mempunyai pagar, maka carilah informasi mengenai batasan jam malam serta jalan masuk menuju rumah tersebut, serta beberapa informasi tambahan lainnya, seperti biaya keamanan, sampah, listrik dan lain-lainnya.