Menu
0878 0437 3507

Jln.Setia Budi Pamulang

Ingin Beli Rumah? Perhatikan Tips Beli Rumah Kategori Usia Ini

Thursday, April 5th 2018.

Dengan bertambahnya usia tentu kebutuhan pun akan semakin meningkat. Nah, jika selama ini Anda masih tinggal bersama dengan orang tua atau menyewa, maka sebaiknya Anda mulai memikirkan untuk dapat memiliki rumah sendiri.

 

Memang tidak dapat dipungkiri jika Anda ingin membeli rumah, maka Anda membutuhkan dana yang sangat besar, apalagi dengan harga tanah yang setiap tahun semakin lama semakin meningkat. Jika Anda merasa kesulitan dalam mengatur keuangan, ada baiknya berkonsultasi dengan ahli keuangan agar keuangan Anda menjadi lebih baik.

 

Saat ini setiap generasi mempunyai tantangan yang berbeda-beda dalam hal membeli rumah idaman. Nah, berikut ini ada saran dari ahli real estate bagi Anda yang berusia 20an, 30an dan 40an.

 

Punya rumah di usia 20an

 

Usia 20an merupakan usia yang cenderung konsumtif dan hanya mementingkan kesenangan sesaat. Walaupun begitu, mempunyai hunian pribadi merupakan langkah yang sangat baik yang perlu Anda pertimbangkan.

 

Saat Anda memutuskan untuk membeli rumah dengan sistem cicilan sebaiknya Anda mempertimbangkan bank yang cocok dan sesuai dengan kemampuan Anda. Pada umumnya, bank akan memberikan tenggat waktu untuk melakukan angsuran antara 10 hingga 20 tahun. Namun, pastikan Anda telah memahami syarat serta ketentuan yang diajukan oleh pihak bank serta sebesar besar bunga yang perlu Anda bayarkan setiap bulannya.

 

Selain itu, pertimbangkan juga besaran nilai cicilan dengan penghasilan Anda. Selalu pastikan bahwa pendapatan yang Anda miliki cukup untuk memenuhi seluruh tagihan. Jika gaji Anda setiap bulannya belum mencukupi, maka Anda dapat menambahnya dengan melakukan pekerjaan sampingan, seperti berjualan, atau mengambil part time.

 

Pertimbangkan membeli rumah di usia 30an

 

Saat Anda berusia 30 tahun dan telah mempunyai keluarga, maka sebelum membeli sebuah rumah pertimbangkanlah untuk tidak terpancing pada luas bangunan serta banyaknya ruang. Perhatikanlah akses transportasi dari rumah tersebut, apakah dekat dengan sekolah, fasilitas umum, rumah sakit, kantor dan lain-lain.

 

Membeli rumah di usia 40an

 

Bagi mereka yang berusia 40an ke atas, maka pinjaman jangka pendek merupakan hal yang tepat. Sebelum itu, pastikan Anda telah berbicara dengan penasihat keuangan untuk mengetahui implikasi dari pembelian bangunan ketika Anda berada di usia seperti ini. Apalagi jika Anda membeli sebuah rumah untuk investasi bukan untuk ditempati.

 

Jika Anda ingin membeli rumah bertujuan untuk investasi, maka sebaiknya membeli sebuah real estate atau resort. Sebab dengan menyewakannya, maka Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan sekaligus menikmati property tersebut. Bila perlu lakukan promosi aset property di berbagai media sosial untuk membantu investasi yang Anda lakukan.